Saul ‘Canelo’ Alvarez Akan Hadapi Lawan Berat

Saul ‘Canelo’ Alvarez Akan Hadapi Lawan Berat – Petinju Meksiko Saul ‘Canelo’ Alvarez menghendaki bertahan di kelas berat mudah setelah hadapi juara dunia WBO Sergey Kovalev di MGM Grand Garden Arena, Paradise, Nevada, AS, 2 November mendatang. Canelo bakal meninggalkan kelas menengah dimana dia memegang sabuk juara WBA (super).

Saul ‘Canelo’ Alvarez Akan Hadapi Lawan Berat

“Saya bakal tingkatkan berat badan, saya memiliki rencana untuk (secara resmi) bertahan di 175 pounds (kelas berat ringan),” kata Alvarez (52-1-2, 35 KO), dalam konferensi pers, Kamis (10/10/2019), dilansir laman boxingnews.com. “Itulah yang tengah kami lakukan di kamp pelatihan.”

Sebelum naik ke kelas berat ringan, Canelo udah dua kali ubah kelas dalam 30 bulan terakhir. Canelo pernah di kelas menengah (160 pound), bersama memegang sabuk juara WBA dan IBF.

Petinju kelahiran Guadalajara, Meksiko, 18 Juli 1990, itu terhitung tampil di kelas menengah mudah (175 pounds). Di kelas ini, Canelo pernah memegang sabuk juara WBA. Namun, seteiap kali naik kelas, Canelo selamanya kembali ke kelas menengah.

Kemenangannya atas Julio Cesar Chavez Jr diikuti oleh kejuaraan kelas menengah dua pertarungannya bersama Gennady Golovkin, berbobot 160 pound untuk hasil imbang 12 ronde pada September 2017 dan 159,5 pound dalam kemenangannya dalam ketetapan mayoritas pada September lalu.

Kurang dari lima bulan setelah capai gelar menengah super, seusai mengalahkan Rocky Fielding bersama TKO pada ronde ketiga di Madison Square Garden, AS, 15 Desember 2018, Canelo melangkah bersama kembali ke kelas menengah, dan menang atas Daniel Jacobs untuk meraih gelar IBF, Mei 2019.

Namun, kini Canelo naik dua kelas, ke kelas berat ringan, melawan Kovalev. Duel ini bakal menandai pertarungan perebutan 17 gelar berturut-turut untuk Canleo yang kini menginjak umur 36 tahun.

“Saya udah laksanakan lebih banyak latihan angkat berat,” ujar Alvarez, berkata mengenai bagaimana cara dia tingkatkan berat dari 160 pound sejak pertarungan terakhirnya melawan Daniel Jacobs ke pertarungan melawan Kovalev (34-3-1, 29 KO) di 175 pounds.